RAHASIA ! Cara Merawat Ayam Aduan Biar Tenaga Full (AMPUH)

Seperti apa cara merawat ayam aduan biar tenaga full agresif ? tentunya, semua itu harus ada ilmunya. Serta rahasia dari pengalaman pecinta ayam yang sudah terbukti ampuh, untuk mengatasi hal tersebut.

Perawatan ayam aduan memang berbeda sekali dengan, rawatan ayam lain pada umumnya. Karena tujuannya untuk menampilkan keagresifan serta ketangguhan, saat perform berlangsung.

Ayam aduan sebelum turun arena, kebanyak penghobi biasanya memberikan sebuah jamu atau biasa orang menyebutnya vitamin khusus pendongkrak stamina. Dengan stamina terjaga dengan baik, tentu akan jauh lebih siap tarung.

2 minggu sebelum tarung, diusahakan Anda sudah mempersiapkannya. Seperti perawatan khusus, pemberian pakan, dan latihan kecil untuk melatih kebugaran si ayam bangkok tersebut.

Bobot dari berat badan ayam, wajib diperhatikan. Karena dengan ideal kondisi berat badannya ayam aduan Anda, akan jauh lebih lincah bahkan bisa menguasai situasi tertentu. Namun bila ayam Anda kurus, sebaiknya Anda dapat menggemukan ayam bangkoknya terlebih dahulu.

Banyak aspek, yang harus teman-teman ketahui. Untuk merawat ayam aduan agar top perform, membutuhkan proses dan waktu, tujuannya supaya hasilnya sesuai dengan harapannya.

Bongkar Cara Merawat Ayam Aduan Supaya Tenaga Full

Kondisi ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keturunan, tetapi pola perawatan dan pelatihan juga sangat berpengaruh.Untuk dapat mempercayai ayam aduan dalam kompetisi perlu dilatih sejak usia 6-8 bulan. tahun sampai 8 bulan dipersiapkan secara fisik dan mental.

Cara Merawat Ayam Aduan Biar Tenaga Full

Ayam yang dirawat dan dilatih dengan hati-hati dan disiplin akan mahir dan lincah dalam kancah persaingan. Latihan fisik ayam dapat dilakukan dengan  melatih kekuatan sayap dan leher, otot paha dan kaki, pernafasan, dan penguatan ayam  selama permainan untuk meningkatkan kualitas adu ayam.

Baik, disini akan saya kupas tuntas cara perawatan ayam laga biar bertenaga dan agresif. Berikut ulasannya :

1. Melatih kaki & otot paha agar lebih kuat

Latihan lompat bertujuan untuk mengembangkan otot paha dan tungkai serta sayap, juga dapat meningkatkan daya dorong pukulan. Latihan lompat ini cukup dimulai 10-20 kali, selanjutnya tergantung kemampuan ayam.

Selain itu,  paha juga bisa dilatih dengan cara mendorong tubuh ayam ke depan. Latihan ini sangat membantu untuk melatih  paha ayam agar menjadi kuat dan memiliki kuda yang kokoh. Latihan ini bisa dilakukan setiap pagi atau disesuaikan dengan kondisi fisikayam.

2. Latihan pernafasan supaya lebih panjang

Ayam dapat dilatih dengan cara menyelam ke dalam kolam untuk berenang kemudian memegang pangkal ekornya. Ayam mengepakkan sayapnya dan menggerakkan kakinya untuk berenang. 

Terkadang ayam menjulurkan kepalanya ke dalam air untuk melatih pernapasan. Ayam muda atau  6 bulan harus dilatih 4-5 menit sehari, semakin tua ayam, semakin intensif atau lama pelatihannya.Setelah selesai, mandikan ayam dengan air bersih, keringkan dan tata.

3. Berikan pakan yang penuh gizi

Pakan yang diberikan harus mencukupi baik kuantitas maupun kandungan nutrisinya agar ayam sehat dan menjadi juara.Pejuang bisa menjadi juara jika kebutuhan nutrisi pakan terpenuhi.

4. Melatih mental

Latihan tarung sangat efektif dalam mengembangkan mental ayam, dan ayam akan terbiasa di arena kompetisi. Ini sangat penting sebelum ayam digunakan di arena kompetisi yang sebenarnya. Latihan harus dilakukan saat ayam dalam kondisi sangat baik.

Mencoba untuk melawan Ayam Untulan meningkatkan emosi dan keberanian Ayam Aduan. Latihan dilakukan di pagi hari dengan satu putaran, dimulai dari 3-5 menit dan secara bertahap meningkat menjadi 15-20 menit.Saat ayam diberikan latihan barbel tidak perlu berjalan karena paruh dan taji ayam dibungkus agar tidak melukai dirinya sendiri.

5. Melatih leher & sayap biar kuat

Latihan sayap dilakukan dengan mengangkat sayap ayam ke kanan dan kiri secara bergantian setiap hari. Latihan ini berguna untuk membentuk otot sayap dan membuat tubuh ayam atletis. Ayam muda umur sekitar  8 bulan bisa dilatih 20-30 kali. 

Jumlah ayam yang lebih dewasa dapat ditingkatkan  secara bertahap setiap hari. Untuk melatih otot leher agar fleksibel saat membidik atau menghindari serangan musuh, hal ini bisa dilakukan dengan cara memutar leher ke  kanan atau ke kiri masing-masing.30 kali secara perlahan.

Sekarang Anda sudah tahukan, bagaimana cara rawat ayam aduan tenaga full. 5 point tersebut adalah bagian dari rahasia penghobi ayam, yang bisa Anda tiru untuk di terapkan pada ayam kesayangannya.

Terimakasih Anda sudah menyimak artikel sederhana ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini di sosial media Anda, dan nantikan tips berikutnya yang lebih jos tentunya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close