RAHASIA BARU ! Cara Merawat Ayam Aduan Sebelum Turun Arena

Bagaimana Cara Merawat Ayam Aduan Sebelum Turun Arena ?, kabar baiknya kami akan memberitahukan tips rahasia kepada Anda. para botoh dalam melakukan perawatan ayam aduannya sebelum laga. 

Memiliki ayam aduan yang kuat dan unggul membawa kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Untuk mencapai hal ini, ayam aduan wajib dirawat dengan cara terbaik sebelum mereka masuk ke arena. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain perawatan  rutin, latihan berat dan otot serta tulang yang kuat, serta persiapan  bertanding yang akan dibahas dalam artikel ini.

Merawat ayam sangat mudah. Hanya butuh kesabaran untuk melakukan rutinitas ini. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merawat ayam petarung.

Tips Perawatan Ayam Aduan Tangguh di Arena

Cara Merawat Ayam Aduan Sebelum Turun Arena

1. Latihan Fisik & Mental

Latihan fisik dilakukan dengan latihan pagi untuk mengencangkan dan meregangkan otot, seperti latihan leher, badan, sayap, dan kaki. Selain itu, latihan jalan kaki juga harus dilakukan dengan meletakkan ayam di kandang kecil, kemudian ayam aduan dibiarkan berjalan mengelilingi ayam betina. Atau dilatih untuk mengejar ayam jago (ayam yang disiapkan sebagai mitra latihan) yang dipegang oleh pelatih.

Pelatihan mental dengan tes abar dimulai sebulan sebelum pertandingan sebenarnya. Tujuannya untuk meningkatkan emosi dan keberanian ayam. Saat melatih Abar, Anda perlu memperhatikan usia dan ukuran ayam lawan. Anda juga bisa menggunakan ayam Untulan seperti ayam kampung biasa.

2. Lakukan Pemandian Secara Teratur

Memandikan ayam sekitar jam 8 pagi atau saat matahari bersinar terik. Cuci kepala, wajah, dan bagian bawah sayap ayam dengan spons busa agar ayam tidak basah. Tujuan memandikan ayam adalah untuk  menjaga kebersihannya. dan merasa segar. Setelah mandi, jemur di bawah terik matahari sampai badan kering.

Faktanya, hal itu dapat memengaruhi performa ayam Anda dalam pertempuran. Ada teknik mandi khusus yang dapat dipelajari dari banyak informasi yang beredar dari tubuh bagian bawah hingga kaki.

3. Pemberian Jamu Racikan Khusus

Dalam memberikan jamu ayam aduan atau vitamin  juga sangat penting. Ada banyak jenis  produk herbal dan vitamin siap saji yang bisa diberikan kepada ayam. Selain makanan yang diatur,  vitamin dan suplemen makanan juga harus diberikan. Waktu yang baik untuk memberikan vitamin adalah pada malam hari karena ayam  dalam keadaan tenang.

4. Pengumbaran

Setelah kering, ayam umbar bisa disiapkan sampai sekitar jam 2 - 3 sore. Umbar merupakan syarat mutlak untuk  ayam aduan dengan fisik yang prima, sehat dan berotot. Kandang umbar bisa berukuran panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter.

Sementara umbar pasir (kipu) dikatakan dapat merelaksasikan otot-otot kaku di tubuh, ayam bisa mandi pasir setidaknya seminggu sekali.

5. Proses Penjemuran

Ayam perlu dikeringkan setiap hari setelah mandi. Waktu penjemuran dibatasi hanya pukul 10.30 WIB, karena  saat ini sinar matahari mengandung vitamin D dalam bentuk inaktif yang sangat berguna untuk proses pertumbuhan tulang dan bulu.

Sekarang Anda sudah tahukan, apa saja rahasia barunya. Dari perawatan ayam aduan saat sebelum turun arena laga, semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url