Kenapa Website Tidak Terindex di Google ? ini SOLUSINYA !

Mungkin Anda bingung Kenapa Website Tidak Terindex di Google ? padahal Anda sudah membangun websitenya dengan benar. Lalu faktor apa blog tidak muncul di google, Anda tepat berada di halaman ini. Karena saya akan memberikan jawaban dari permasalahan terkait website tidak terindex.

Kenapa blog tidak muncul di Google, banyak faktor sebenarnya. Namun yang harus Anda ketahui, bahwa membuat blog / website harus diimbangi dengan proses indexingnya. Sehingga saat Anda sudah berhasil membangun sebuah blog, disaat itu juga akan terdeteksi di pencarian Google.

Bagaimana Cara Website Muncul di Google ?

Jika Anda seorang pemula, yang baru terjun di dunia digital marketing. Anda harus banyak belajar terkait apa yang mau di fokuskan, misal Anda lebih tertarik dengan website. Bila Anda lebih prefer di website, tentu Anda wajib tahu proses pembuatan dari awal hingga akhir.

Memang pada umumnya buat website tidaklah sulit, karena banyak sekali platform yang gratis hingga premium di sajikan. Tinggal seberapa besar komitmen Anda untuk mengelola website, dimulai dari tahap pembuatan (build) sampai tayang di mesin pemcari Google.

Niat adalah peran utama untuk Anda yang ingin konsisten di internet marketing, selain itu kita tetap membutuhkan modal untuk membeli keperluan guna perancangan website yang akan di buat nantinya.

Ketika Anda sudah bertekad untuk berkomitmen di dunia imers, kini Anda akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Yaitu pemilihan platform yang akan Anda gunakan kedepannya, website itu sendiri dibuat oleh sebuah platform yang sudah di sediakan. Tinggal kita buat sesuai dengan keinginan kita.

Misal platform yang kami maksud ialah Blogger dan Wordpress, dari kedua platform tersebut sesuaikan dengan selera Anda. Sebagai studi kasus, kami contohkan untuk platform Blogger saja agar lebih sederhana dalam menjelaskannya.

Kenapa Website Tidak Terindex di Google

Blogger.com merupakan salah satu platform gratis yang di sediakan oleh pihak Google, untuk membuat karya tulis berupa blog. Yang dapat di manfaatkan untuk khalayak umum, khususnya para blogger untuk membuat website kesayangannya.

Keunggulan blogger ini sudah tidak diragukan lagi, karena bisa kita optimasi seo penuh sesuai dengan konfigurasi yang kita seting. Selain itu templatenya pun sangat ringan dan modern, sehingga pengunjung website kita tak akan merasa jenuh dengan tampilan desain yang ciamik serta loadingnya cukup cepat.

Ternyata blogger juga bisa kita costumisasikan dengan domain berbayar (Top Level Domain), seperti extention : .com, .net, .id, .org, .info dan lainnya. Seperti halnya blog saya ini yang dulunya bersubdomain blogspot.com, kini beralih ke web.id. Bisa Anda simak konfigurasi website saya ini, sesuai gambar dibawah ini :

Kenapa Website Tidak Terindex di Google

Sekarang Anda sudah ada sebuah gambaran ya teman-teman, tentang website dari platform Blogger ini. Setelah saya riset ternyata blogger pemula masih banyak yang mengalami blogspot tidak muncul di google. Tidak perlu khawatir, karena saya akan menjelaskan penyebab dan jalan keluarnya.

Penyebab Blog Tidak Terindex Google

Sebelum Anda mengetahui alasan utama website tidak terindex di Google, kali ini kami akan memeberikan informasi sedikit terkait penyebabnya. Bisa Anda simak point pentingnya berikut ini :

A. Pembaharuan Algoritma

Pembaruan pada algoritme Google terkadang menjadi alasan mengapa mesin telusur tidak mengindeks situs web. Pembaruan algoritme Google memungkinkan Google untuk mengubah berbagai aturan dan standar terkait pengindeksan situs web, sehingga situs web yang tidak memenuhi standar peraturan baru akan dihapus dari SERP. Yang terburuk adalah situs web tidak diindeks oleh mesin pencari.

B. Penggunaan Kata Kunci Berlebihan (Keyword Stuffing)

Konten dari situs web yang secara historis diisi dengan terlalu banyak  kata kunci untuk membuat posisi SERP  akan berfungsi. Tetapi saat ini itu akan merusak situs web kita. Google kini dapat melakukan pengecekan konten apakah konten tersebut memiliki jumlah kata kunci yang baik atau tidak.

Jika ada terlalu banyak kata kunci, Google dapat menghukum situs web dengan menjatuhkan posisi SERP atau hukuman yang lebih berat. Yaitu situs web tidak akan keindex atau dideindeks di mesin telusur.

C. Memiliki Backlink Yang Tidak Berkualitas

Menggunakan backlink berkualitas rendah juga dapat menyebabkan situs kita tidak terindeks. Saat ini, Google dapat meninjau situs web yang menggunakan tautan balik yang tidak wajar dalam pengoptimalan situs web mereka. Salah satu cara untuk menggunakan backlink yang tidak wajar adalah dengan menggunakan generator backlink

Di situs web tertentu dan  spam backlink dapat dideteksi oleh mesin pencari dan mengambil tindakan di situs web kami. Tindakan terberat adalah menghapus situs web kami dari daftar situs web yang diindeks di mesin telusur.

D. Terdeteksi Duplikat Artikel

2 artikelyang sama di situs / web yang berbeda akan mengakibatkan web tersebut dideindeks. Hal ini bisa terjadi ketika kita malas untuk membuat artikel yang berkualitas dan melakukan copy paste artikel dari website lain  ke  website kita. 

Selain itu, kami mungkin juga  secara tidak sengaja menduplikasi artikel di situs kami sendiri. Ini terjadi saat kami memperbarui artikel dengan URL baru. Jadi kami tidak dapat menggunakan dua URL dalam  artikel yang sama.

Ketika Anda sudah mengerti 4 penyebab utama website tidak muncul di Google, saat ini saya akan memberikan sebuah solusi untuk Anda khususnya yang masih pemula dalam menangani permasalahan tersebut.

Cara Menampilkan Blog di Pencarian Google

Kenapa Website Tidak Terindex di Google

Nah, saatnya kita akan mengulas intisari dari konten ini. Website tidak terindex Google, pasti ada faktornya. Apa saja yang menjadi catatan penting untuk Anda, mari kita berdiskusi lebih detail dibawah ini :

1. Konfirgurasi Website Yang Benar

Ya, benar mensetup website yang baru kita buat. Tentu harus kita lanjutkan ke tahap konfigurasi, hal ini dilakukan untuk memperlancar kedepannya. Lalu, konfigurasi apa saja yang saya lakukan. Nah kali ini saya akan berbagi solusi terkhusus pengguna platform blogger.

Ada 3 part penting, yang harus Anda konfigurasikan di website Anda yang menggunakan Blogger. Diantaranya :
  • `Judul
Dibagian menu setingan blogger lebih tepatnya di menu dasar, tepat ada judul yang harus Anda isi sesuai dengan konsep website Anda. Singkatnya, bisa Anda optimasi dengan kata kunci bidikan.
  • Deskripsi
Ketika Anda sudah menginput Judul, selanjutnya Anda akan isi bagian Deskripsi. Tujuannya, agar Google dapat mengerti terkait tema website yang kita build. Oleh sebab itu isi dengan rangkaian kata, dan dibatasi hingga 500 karakter.
  • Tag Meta Deskripsi Penelurusan
Fungsi utama dari deskripsi penelusuran ini ialah, untuk mendeteksi deskripsi web yang muncul di halaman Google nantinya. Jadi bisa Anda isi sama persis dengan Deskripsi web sebelumnya, namun untuk mengisi deskripsi penelurusan ini diberikan limit karakter sebanyak 150 karakter.

2. Registerkan Website ke Google Search Console

GSC merupakan singkatan dari Google Search Console yang dimana seluruh database blogger, tercatat semua di gsc. Menjadi salah satu syarat blogger, untuk menampilkan webnya di pencarian Google. Oleh karenanya, Anda wajib mendaftarkan website Anda di Google Search Console.

3 tahap meregistrasikan blog Anda ke google search console :
  • Tambahkan Property / Website Anda
Anda harus menambahkan website yang baru Anda buat ke menu tambahkan property di gsc, setelah itu Anda harus melakukan langkah berikutnya yaitu Verifikasi. Hal ini saya jelaskan khusus untuk platform Blogger.
  • Verifikasi Website
Ketika Anda berhasil submit web Anda, kini Anda akan melakukan verifikasi. Khusus untuk platform Blogger keunggulannya, Anda tak perlu repot untuk melakukan verifikasi DNS dll. Karena setelah Anda usai mendaftar webnya, Anda akan langsung ke redirect. Artinya proses verifikasi ini, sudah berjalan dengan otomatis. Untuk platform lain, seperti Wordpress. Seperti harus melakukan tindakan manual seperti input DNS server dll.
  • Mensubmit Peta Situs / Sitemap
Bila Anda sudah berhasil memverifikasi website Anda di Google Search Console, langkah berikutnya adalah mengisi kode sitemap.xml pada menu peta situs yang ada di dalam fitus gsc. Tujuannya, supaya Google akan mendeteksi seluruh isi konten / tulisan secara otomatis.  
  • Melakukan Inspeksi URL
Dan yang terkahir, adalah tahap inspeksi url. Ya, mungkin Anda bingung apa itu istilah inspeksi url tersebut. Inspeksi url merupakan fitur utama untuk blogger, untuk merikues supaya tautan / link yang kita submit agar cepat terindex di halaman pencari Google.

3. Daftarkan Web ke Google Berita

Kenapa Website Tidak Terindex di Google

Dan langkah terakhir agar blogspot tidak muncul di Google, menjadi muncul teman-teman blogger harus melakukan pendaftaran website Anda di Publish Center. Yang dimana peran utama google berita ini, cukup membantu serta mempercepat keindex blog Anda.

Memang dulu saya pernah mengalami hal yang sama, tidak terindex artikel terbaru yang saya buat beberapa menit yang lalu. Setelah melakukan inpeksi url, pun hasil masih nihil alias tidak terindex. Padahal laporan Google Search Console normal dan kedetek semua, namun saya inisiatif untuk register web saya di google berita.

Dan pada dasarnya, mendaftar web di google berita ini membutuhkan persyaratan utama yakni, membuat 2 logo dengan ukuran yang berbeda, serta mengisi form yang sudah di sediakan seperti informasi website, dan url feednya.

Idealnya, ketika Anda sudah memenuhi syarat tersebut. Situsweb Anda akan di tinjau kurang lebih 4-5 harian, jika diterima maka statusnya berubah menjadi Sedang Tayang.

Alhasil, ketika sudah diterima dan status berganti sedang tayang. Kini website Jasa Seo Purwokerto ini. Dapat terindex hitungan menit, berapa lama index Google terhadap web kita. Tergantung optimasi konfigurasi websitenya, mungkin cerita singkat ini. Bisa memberikan solusi untuk Anda yang masih bingung blog tidak terindex Google.

Terimakasih, dan semoga bermanfaat !.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close