Sesuaikan tampilan Anda
Setelan hanya berlaku untuk browser ini
Latar belakang
  • Terang
  • Gelap
  • Bawaan sistem

BEGINI ! Cara Menghitung Kebutuhan Aspal Drum Yang Benar

Salah satu dari Anda, mungkin bingung bagaimana  Cara Menghitung Kebutuhan Aspal Drum Yang Benar. Sesi ini Seo Satria, akan mengulas tuntas hingga rinci. Jadi saya harap Anda bisa simak baik-baik ulasan yang akan kami publikasikan di artikel ini.

Apa itu Aspal Drum ?

Aspal drum adalah aspal  padat yang dikemas ke dalam drum. Sebaliknya, aspal curah merupakan aspal dalam bentuk cairan hitam kental yang dimuat ke dalam tanki mobil. Produk aspal drum ini, sangat membantu ketika ada projek pengaspalan jalan raya.

Ketebalan minimum lapisan ini adalah 5 cm. Lapisan paling atas disebut top layer atau lapisan suprastruktur (asphalt concretewear course atau AC-WC). Nama lainnya adalah lapisan tahan aus, karena merupakan bagian  yang langsung terkena tekanan ban kendaraan di jalan raya.

Warna hitam membuat suhu di jalan  20 derajat lebih tinggi dari suhu udara sekitar. Ini karena hitam adalah warna yang dapat menyerap panas.

Jenis Aspal & Fungsinya

Berdasarkan beberapa sumber, aspal mempunyai 2 jenis aspal yang berbeda. Tentu fungsi tiap jenis aspal tersebut memiliki keunggulan dari bahan dasar yang digunakannya.

A. Aspal Alam

Aspal alam ialah aspal yang berasal dari dari alam tanpa melewati proses olahan manusia yang rumit. Aspal jenis ini berbentuk seperti batuan, Aspal alam ini ternyata bersifat plastis dapat ditemukan di Danau Pitch, Republik Trinidad.

B. Aspal Buatan

Aspal buatan merupakan aspal yang terbuat dari pengolahan minyak bumi yang diproses dengan standar prosedur.  Proses olah aspal biasa dilakukan di pabrik industri khusus pembuatan aspal.

Berikut ini ialah Fungsi utama dari Aspal tersebut :

Berfungsi untuk menyambung bata baru agar tidak jatuh dari permukaan jalan, baik akibat kemacetan lalu lintas maupun genangan air. Aspal berfungsi sebagai bahan permukaan jalan dan bahan pengikat agregat. Aspal berfungsi sebagai bahan pengisi ruang kosong  antara  agregat kasar, halus dan pengikat.

Teknik Menghitung Kebutuhan Aspal Drum

Cara Menghitung Kebutuhan Aspal Drum

Jumlah aspal, baik dalam drum maupun curah, harus dihitung dengan benar karena mempengaruhi biaya pelaksanaan pekerjaan. Pekerjaan aspal biasanya membawa banyak beban dalam kontrak pembangunan jalan, karena harga aspal cukup tinggi.

Studi kasus kali ini, saya hanya menjelaskan untuk menghitung kebutuhan aspal drum hotmix / aspal campuran. Misal ada project perbaikan aspal jalan raya, dengan spesifikasi berikut ini :

Tebal Ac-Bc = 6 cm
Tebal Ac-Wc = 4 cm
Lebar jalan = 6 m
Panjang jalan = 100 m
Berat jenis AC-WC =2,25 ton/m3
Berat jenis AC-BC =2,27 ton/m3

Jadi, Volume campuran aspal AC-WC dan AC-BC :

Volume campuran aspal AC-WC = P x L x T x Berat Jenis AC-WC = 100 x 6 x 0,04 x 2,25 = 54 Ton
Volume campuran aspal AC-BC = P x L x T x Berat Jenis AC-BC = 100 x 6 x 0,06 x 2,27 = 81,72 Ton

Nah , sekarang Anda sudah tahukan teknik menghitung kebutuhan aspal drum. Dengan hadirnya tulisan singkat ini, Anda akan memahami volume aspal yang diperlukan serta anggaran keseluruhannya.

Anda butuh Aspal Drum, untuk pengerjaan project di kota Anda. Kami  bisa beritahukan kepada Anda, karena ada agen resmi untuk penjualan aspal drum dengan kualitas terbaik. Istimewanya, Anda bisa order dengan sistem COD loh. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi : Telp. 08122-6677-867  (Bpk.Budi).

Terimakasih.

Baca Juga
Posting Komentar