5 Cara Agar Jalu Ayam Aduan Cepat Panjang & Mengeras

Mungkin Anda belum tahu bagaimana cara agar jalu ayam aduan cepat panjang dan mengeras, seperti apa rahasianya ?. Sebaiknya Anda simak artikel ini sampai akhir, karena saya akan berikan jawabannya disini.

Taji ayam atau biasa disebut dengan istilah jalu, kerap sekali menjadi paramter utama oleh penghobi ayam bangkok. Karena jalu salah satu modal utama, untuk di jadikan sebagai alat pembantu saat mengikuti event.

Fungsi  jalu / taji ayam ini sebenarnya untuk mempersingkat waktu,  mengalahkan ayam aduan lawan di arena. Anda yang memiliki ayam aduan tentunya juga menginginkan, Jalu yang bentuknya lebih mematikan.

Idealnya, ayam jantan mencapai ukuran idealnya ketika ayam jantan berumur 10 bulan atau lebih, tetapi terkadang ada beberapa ayam jantan yang memiliki berbagai masalah, contohnya adalah pertumbuhan  yang lambat dan panjang jalu yang besar. 

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa  faktor antara lain faktor keturunan, jenis ayam dan  kurangnya perawatan jalu dari ayam aduan Anda.

Berikut ini adalah 5 tips untuk merawat jalu ayam aduan cepat panjang yang benar.

Rahasia Agar Jalu Ayam Aduan Cepat Mengeras & Panjang

Cara Agar Jalu Ayam Aduan Cepat Panjang

Bila Anda seorang pemula, yang baru terjun di dunia perayaman. Alangkah baiknya bisa menyimak, 5 tips yang akan kami sertakan dibawah ini :

A. Kupas Lapisan Kulit Luar Jalunya

Cara merawat jalu bisa anda lakukan agar jalu tumbuh lebih besar saat jalu mulai tumbuh dan  umumnya jalu  akan  menonjol saat ayam aduan masih berumur 5 bulan atau lebih atau yang biasa di sebut dengan jalu jagung.

B. Pengolesan Bawang Putih Pada Jalu

Sebenarnya cara ini sudah tidak asing lagi bagi banyak bebotoh dan setelah mengupas lapisan luar jalu, langkah selanjutnya adalah  mengoleskan bawang putih secara rutin.

Setelah terkelupas lapisan luarnya, langkah selanjutnya adalah rutin memarut bawang putih setiap hari. Pada saat yang sama, oleskan  minyak goreng untuk membuat pertumbuhan jalu lebih ideal.

C. Buang Lapisan Kulit Luar Jalu Dengan Konsisten

Perlu diketahui bahwa Jalu Ayam memiliki 3 lapisan yaitu lapisan luar  berwarna putih, lapisan tengah berwarna kuning dan lapisan dalam berwarna kuning muda. Rutin gunakan pecahan kaca atau pisau dan usahakan hanya pada sasaran lapisan.

Yang terpenting adalah selalu membersihkan lapisan  luar taji ayam aduan. Kemudian usahakan untuk tidak mengupas terlalu dalam  karena dapat melukai dan membuat ayam berdarah.

D. Mengoleskan Belimbing Jenis Wuluh

Dipercaya bahwa penggunaan belimbing membuat Jalu ayam bisa bertarung lebih lama.Caranya sangat sederhana, cukup oleskan air belimbing wuluh pada Jalu Ayam bangkok Anda. Belimbing yang paling ideal  ialah belimbing wuluh.

E. Mengeraskan Jalu Ayam Bangkok

Cara terakhir ini jua mampu membuat jalu jadi panjang, serta menjadikan lebih keras. Tentu jalu ayam yg keras mempunyai banyak kelebihannya, tidak hanya itu saja jalu yg keras jua tak gampang patah & jalu yg keras akan lebih gampang di atur.

Tips mengeraskan jalu ayam bangkok aduan yg paling sederhana yaitu memakai kunyit. Dengan cara ditumbuk lalu dioleskan dalam jalu.

Sekarang Anda sudah tahukan tips tersembunyi oleh penghobi ayam aduan, agar jalu ayam aduan cepat panjang. Semoga ulasan sederhana ini, bisa memberikan wawasan baru untuk Anda yang masih pemula dalam merawat ayam bangkok kesayangan Anda dirumah.

Jangan lupa bagikan konten ini di sosial media Anda, barangkali saudara atau kerabat sesama pecinta ayam bangkok. Membutuhkan informasi penting ini, saya ucapkan banyak terimakasih karena Anda sudah mampir untuk membaca.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close