Cara Memilih & Merawat Ayam Bangkok Umur 2 Bulan Yang Bagus

Jika Anda belum tahu cara memilih dan merawat ayam bangkok umur 2 bulan yang bagus, sebaiknya Anda tetap berada di halaman artikel ini. Karena saya akan memberitahukan terkait topik tersebut, jadi bisa Anda cermati point apa saja yang akan saya utarakan disini.

Cara memilih anak ayam bangkok umur 2 bulan yang bagus,Ini tidak mudah. Karena meskipun 1 indukan tidak selalu mempunyai kualitas yang sama dengan ayam aduan. Hal ini sering terjadi, karena sering banget untuk di coba mensilang antara indukan yang bagus dengan yang biasa.

Hal terpenting dalam memilih  ayam bangkok adalah mengetahui asal usul ras dan induknya. Jika ini adalah ras juara, keturunan yang  dihasilkannya juga cenderung memiliki darah juara dari orang tuanya.

Ciri Ciri Ayam Bangkok Umur 2 Bulan Yang Bagus

Untuk anak ayam umur 2 dan 3 bulan. Secara fisik bisa sama untuk anak ayam umur 1, 2 dan 3 bulan dan akan saya jelaskan nanti. 

Cara Memilih & Merawat Ayam Bangkok Umur 2 Bulan Yang Bagus

Yang saya lakukan saat menyeleksi anak ayam bangkok umur 2 bulan adalah  mengangkatnya dengan kedua tangan lalu melepaskannya, perhatikan kakinya jika menyentuh tanah jika kakinya mencuat menandakan ayam yang baik dan layak untuk diikutsertakan.

A. Sisi Bentuk Kepala

Anak ayam kualitas juara memiliki bentuk kepala yang bagus menyerupai burung jalak. Ciri-ciri kepala panjang, agak lonjong dan cukup besar dengan kulit kepala yang halus dan tipis. 

Ciri-ciri kepala ini menunjukkan bahwa anak ayam  nantinya akan berkembang menjadi tipe exciter. yang tahan guncangan dan tidak mudah terhalang bahkan jika terluka. Bentuk kepala yang baik  memberi  anak ayam aura wibawa saat mereka tumbuh menjadi tipe petarung.

B. Dari Segi Sisik Kaki

Salah satu faktor pendukung yang sering diperhitungkan oleh para pecinta ayam bangkok ialah  bentuk sisik pada kaki anak ayam. Jika ayam memiliki sisik yang bersih dan kering, itu menunjukkan pukulan yang fatal.

C. Sisi Mata

Ciri fisik lain yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih anak ayam bangkok adalah bentuk matanya. Jika anak ayam memiliki mata yang jernih, berbentuk bulat dan mudah masuk ke rongga mata, Anda dapat yakin bahwa mereka akan melihat dengan jelas.

D. Sisi Kekuatan Kaki

Kaki merupakan elemen penting dalam ayam aduan. Anak ayam yang Anda pilih harus memiliki kaki dan lutut seimbang  yang menonjol ke belakang. Bentuk jari kaki biasanya memanjang dan sedikit terbuka. 

Selain itu, sisik pada kaki  anak ayam sebaiknya dipilih yang agak kering, karena anak ayam dengan ciri-ciri tersebut biasanya lebih lincah, lebih kuat dan dapat memasuki arena pertarungan saat dewasa.

E. Sisi Bentuk Paruh

Paruh bisa menjadi indikator kualitas anak ayam. Pada paruh yang baik terdapat garis tengah di bagian atas menyerupai elang. Paruh dengan tanda-tanda ini menunjukkan bahwa anak ayam dapat mematuk dengan keras. 

Mereka harus memiliki penampilan yang sedikit transparan. Jika Anda tidak dapat menemukannya, setidaknya pilihlah yang memiliki warna paruh yang sama dengan rusuknya.

Pakan Ayam Bangkok Umur 2 Bulan Yang Bagus

Pakan yang bagus untuk ayam bangkok umur 2 bulan. Ayam bangkok pada kelompok umur ini dapat dikandangkan atau pengumbaran. Namun, meski sudah dilepaskan dari kandang, ayam bangkok harus dipantau pada usia ini  karena masih rentan terhadap penyakit.

Cara Memilih & Merawat Ayam Bangkok Umur 2 Bulan Yang Bagus

Ayam bangkok bangkok ini wajib dicoba, apalagi buat kamu yang punya ayam bangkok birma. Ayam Bangkok Birma dikenal sebagai ayam yang lincah dan aktif. Jika ayam Bangkok Birma dikurung sepanjang waktu, mereka akan terlalu malas untuk bergerak. 

Makanan ayam aduan pada usia ini adalah  kode pakan 521, 522 dan 523. Masing-masing kode pakan ini berbeda tergantung pada umurnya.
  • Kode 521 : menu makanan khusus anak ayam bangkok umur 1 bulan
  • Kode 522 : menu makanan khusus anak ayam bangkok usia 2 bulan
  • Kode 523 : menu makanan khusus anak ayam bangkok usia 3 bulan
Agar anakan ayam Bangkok bisa gemuk. Peternak ayam Bangkok sering memberi makan ayam berusia 2 bulan Kyojin, atau pakan ayam khusus, untuk pertumbuhan yang cepat. Komposisi pakan ayam bernama Kyojin ini terdiri dari protein, lemak dan kalsium.

Cara Merawat Ayam Bangkok Umur 2 Bulan Yang Benar

Pada saat mereka berusia 2-3 bulan,  ayam Anda akan tumbuh dalam ukuran, membutuhkan mereka untuk makan lebih teratur. Tentu saja, saat anak ayam  semakin besar, Anda perlu mencari dan mengganti kandangnya. yang semakin besar dan lebar dari sebelumnya.

Ukurannya bisa disesuaikan dengan jumlah  anak ayam yang Anda miliki, pastikan tidak terlalu sempit. Yang terbaik adalah untuk  kandang besar karena memberi anak ayam lebih banyak kebebasan bergerak. Jangan lupa juga sediakan tangkringan atau tenggeran untuk melatih otot sayap dan kaki.

Pada sesi ini, risiko kematian  lebih rendah dari sebelumnya karena mereka sudah lebih kuat dan lebih besar, terutama jika Anda merawatnya terus-menerus.

Sekarang Anda sudah mendapatkan sebuah gambaran jelas, terkait pemilihan dan perawatan ayam bangkok umur 2 bulan yang bagus. Semoga dengan terpublikasikan artikel ini, Anda sudah bisa menyeleksi sekaligus merawat ayam bangkok kesayangan Anda dirumah.

Jangan lupa bagikan artikel sederhana ini di sosial media Anda, barangkali kerabat atau saudara Anda yang pecinta ayam bangkok membutuhkan informasi yang sama. Maturnuwun.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close